PT KATAPUL CIPTA BAWANA

Bagaimana kemasan plastik dibuat?

Di Indonesia sendiri, pada tahun 1960, industri plastik menjadi industri yang paling berkembang cukup pesat. Perkembangannya semakin menurun dari waktu ke waktu karena beberapa hal. Beberapa kendala yang menurunkan perkembangan industri plastik adalah karena bahan baku plastik yang masih di impor dari luar negeri, dan bahan dasarnya yang berasal dari minyak bumi tidak dapat diperbarui.

Namun, tidak bisa dipungkiri, keberadaan plastik pun hingga kini masih banyak. Hal itu karena berbagai tuntutan kebutuhan pada plastik itu sendiri, misalnya, sebagai kantong belanja, wadah makanan dan minuman, dan sebagainya.

Proses pembuatan Plastik:

1. Injection Molding:

Proses ini adalah dimana plastik yang masih menjadi berupa biji plastik atau pellet dimasukkan ke dalam tabung panas. Biji plastik yang telah masuk ke dalam tabung panas nantinya akan meleleh. Lelehannya akan dibawa ke dalam cetakan.

2. Ekstrusi

Proses ekstrusi dalam membuat plastik ini yaitu bekerja untuk menekan lelehan biji plastik hingga lebur dan menjadi halus.

3. Thermoforming

Pada proses tahap ini, biji plastik yang telah leleh dan berubah menjadi lempengan, nantinya akan dipanaskan kembali dan masuk pada tahap proses pencetakan.

4. Blow Molding

Blow molding adalah tahap terakhir pada proses pembuatan plastik secara umum. Dimana biji plastik yang telah dilelehkan akan dicetak dan dibuat menjadi barang yang diinginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *